Tugas Teknologi Informasi


download 32.14 Kb.
jenengTugas Teknologi Informasi
KoleksiDokumen
s.kabeh-ngerti.com > Sastra > Dokumen
Tugas Teknologi Informasi

R.Rizki Munggaran Sastra Permana (13294084)
Internet Relay Chat (IRC) adalah program yang populer di kalangan para internet surfer untuk melakukan "chatting" atau obrolan antara sesama surfer di internet.

Apa sebenarnya IRC itu, bagaimana cara penggunaannya akan dijelaskan pada tulisan di bawah ini.
IRC( Internet Relay Chat) menyediakan cara untuk berkomunikasi secara real time dengan orang-orang dari seluruh dunia. IRC terdiri dari berbagai macam server IRC network (biasa disebut "nets") yang terpisah. Server IRC adalah mesin yang menyambungkan user-user ke IRC. Nets yang terbesar adalah Efnet (awalnya adalah IRC net, sering mempunyai 32.000 orang pada waktu yang bersamaan), Undernet, IRC net, DAL net, dan NewNet.
Secara umum, user menjalankan program (disebut "client") untuk menyambungkan diri ke sebuah server dari net-net IRC yang ada. Server akan merelay informasi ke dan dari server-server lainnya pada net yang sama. Client yang dianjurkan :
UNIX/shell: ircII

Windows: mIRC or PIRCH

Macintosh: Ircle
Setelah terhubung ke sebuah server IRC pada network IRC, kita biasanya bergabung (join) ke satu atau lebih "channel" dan bercakap-cakap dengan orang lain di sana. Pada EF net, ada lebih dari 12.000 channel, tiap channel dipilih untuk topik-topik percakapan yang berbeda. Percakapan dapat bersifat public (dimana setiap orang di sebuah channel dapat melihat apa yang kita ketikkan) atau private (pesan-pesan hanya antar dua orang, yang terdapat pada channel yang sama, atau channel yang berbeda).
2.

Nama channel biasanya diawali dengan #. Channel yang sama di share pada seluruh IRC server pada net yang sama, jadi kita tidak harus pada server IRC yang sama seperti teman kita. (Ada juga beberapa channel yang namanya diawali dengan tanda & bukannya #. Channel ini tidak di share oleh seluruh server pada net, tetapi hanya ada secara lokal pada server tersebut).
Tiap user dikenal dalam IRC dengan nama panggilan atau "nick", seperti smartgal atau FunGuy. Untuk menghindari konflik nick name dengan user-user lainnya, lebih baik menggunakan nick yang tidak terlalu umum seperti "john". Pada beberapa nets, nick-nick bukan milik seseorang atau channel. Ini dapat menimbulkan konflik, jadi bila ingin kepemilikan untuk hal-hal seperti itu, lebih baik memilih network dengan "services" seperti Undernet, DALnet, atau network-network lainnya yang lebih kecil.
Channel dioperasikan oleh channel operators, atau disebut juga"ops", yaitu orang yang mengontrol channel dengan memilih siapa yang ingin bergabung (dengan "banning beberapa user), siapa yang harus pergi (dengan meng "kicking" mereka), dan bahkan siapa yang berhak untuk bicara (dengan membuat channel "moderated"). Channel ops mempunyai kendali yang menyeluruh atas channelnya, dan keputusan mereka final. Jika kita di "banned" dari sebuah channel, kirim sebuah /msg ke channel ops dan mintalah secara baik untuk diperbolehkan masuk. Jika mereka tidak menghiraukan atau jika diberikan perintah /who tidak ada respon karena channel ada dalam mode secret (+s), maka pergi saja ke tempat lain dimana kita diterima.
Server-server IRC dijalankan oleh admin-admin IRC dan oleh operator-operator IRC, atau "IRC ops". IRC ops mengatur server mereka sendiri, dan pada server yang besar seperti EF net dan network lainnya, IRC ops tidak terlibat didalam hal-hal pribadi, channel takeover, mengembalikan ops yang hilang, dll. Mereka bukan "polisi IRC."
3. Berbicara dan memasukkan perintah

Perintah-perintah dan text diketikkan pada tempat yang sama. Defaultnya, perintah mulai dengan karakter /. Jika program IRC berupa graphic client, seperti mIRC untuk Windows, banyak perintah dapat dieksekusi dengan menklik icon-icon dengan mouse pointer.

Ketika memasukkan perintah, perhatikan pada spasi dan huruf kapital. Perintah-perintah dasar dapat dijalankan pada semua jenis client yang bagus.

Beberapa contoh diberikan di bawah. Pada contoh ini, dimisalkan nick anda adalah "yournick", dan kamu ada pada channel #coolness.

Teman kamu "MaryN" ada pada channel yang sama #coolness dengan kamu, dan teman kamu "Tomm" adalah pada IRC tetapi tiak pada satu channel yang sama dengan kamu. Kamu dapat menerapkan contoh ini secara umum dengan menggantikan nama nick atau nama channel.

Yang diketik Yang terjadi

/join #coolness Anda bergabung ke channel #coolness

/who #coolness Memberikan beberapa info tentang user-user pada channel. @ = channel op, sementara * berarti IRC op.

Halo semua Semua orang di #coolness melihat Halo semua. (Anda tidak perlu mengetikkan nick anda)

/me is kelinci Semua orang di #coolness melihat * yournick is kelinci

/leave #coolness Keluar dari channel

/whois Tomm Kita akan mendapatkan info tentang Tomm atau nickname siapapun yang diketikkan.

/whois yournick Ini adalah info yang akan dilihat orang lain tentang dirimu.

/nick newnick mengganti nick kamu menjadi "newnick"

/msg Tomm halo apakabar Hanya Tomm yang melihat pesan ini (kamu tidak perlu berada pada channel yang sama agar perintah ini berjalan).

/ping #coolness Memberikan informasi tentang delay (round-trip) antara anda dan oranglain di #coolness.

/ping Tomm Memerikan informasi tentang delay (round-trip) antara anda dan Tomm.

/dcc chat MaryN Perintah ini mengirmkan request ke MaryN untuk sesi dcc chat. MaryN mengetikkan /dcc chat yournick untuk menyelesaikan koneksi. DCC chat lebih cepat (bebas lag) dan lebih secure dibanding /msg.

/msg=MaryN Hallo! Setelah koneksi DCC terjalin, gunakan format /msg =nick untuk bertukar pesan (perhatikan tanda = ). DCC tidak melalui server, jadi tidak terpengaruh oleh server lag, net split, dll.

/help Untuk menampilkan perintah-perintah. Bekerja untuk semua client.

/quit salam Keluar sama sekali dari IRC, dengan pesan perpisahan yang dilihat oleh orang lain : "***Signoff : yournick (salam)".

Catatan : Ketika anda tidak berada di channle, baris yang berawalan / tidak mempunyai pengaruh, dan perintah-perintah banyak yang tidak dapat bekerja, atau fungsinya berubah.
Some advice

Etika

Mengetikan dengan hurup kapitas semua, SEPERTI INI, dianggap sebagai berbicara keras (shouting) dan sebaiknya dihindari. Dan juga jangan mengulang-ulang perkataan atau dengan kata lain "membanjiri" channel dengan berbaris-baris kata-kata sekaligus.

Selama di dalam channel, ikuti petunjuk channel ops di sana. Jika kamu tidak disukai oleh mereka, kamu dapat di "kick" keluar dari dari channel, dan bisa jadi di "banned" untuk kembali ke channel tersebut. Ada juga beberapa channel ops yang "haus kekuasaan" dengan men-kick atau men-ban orang sekenanya. Jika ini terjadi, atau jika seseorang di channel mengesalkan, tinggalkan saja channel tersebut, masih ada ribuan channel lainnya.

Jika anda di "disconnect" ketika menggunakan perintah /list, cobalah mengganti server, atau lihat listing channel yang ada di WWW di alamat

.
Pelecehan dan Serangan

Jika seseorang mulai melecehkan atau membanjiri anda, tinggalkan channel atau gunakan perintah /ignore. Lebih baik jika user mode diset +i (invisible) untuk menghindari pesan-pesan yang terlalu panjang dan lecehan-lecehan -- jika anda "invisible" secara umum hanya user-user yang satu channel dengan anda dapat menentukan apa nama nick yang anda gunakan.

Problem-Problem pada server IRC, dan memilih server
Pada tahap ini, anda sudah siap untuk "chat" melalui IRC. Sebagian besar perintah di atas sudah mencukupi sebagai seorang pemula, tetapi banyak hal yang dapat berjalan lain di IRC.
Net splits

Network dapat menjadi terpecah (disebut "net split"), jadi memisahkan anda dari user-user yang sedang berbicara dengan anda. Split ini sering terjadi cukup singkat, walau kadang sampai beberapa hari.
Lag

Problem yang sering muncul adalah "lag", dimana ada delay yang terasa antara waktu ketika anda mengetikkan pesan dan sampai orang lain membacanya. Pilihlah server terdekat dengan kita untuk mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan menggunakan perintah /ping (lihat bagian perintah-perintah di atas). Perintah untuk berpindah server adalah /server nama.server.tsb.
Server List

Pada banyak client, mengetikkan /links memberikan list dari server-server pada net yang bersangkutan. Gunakan perintah ini secara sparing, tidak lebih dari beberapa kali dalam satu baris.
Ping? Pong!

Untuk user mIRC : Ping? Pong! Dalam window status berarti server anda mem"ping" anda untuk memastikan bahwa anda masih terkoneksi, dan client anda otomatis membalas dengan pong. Tidak usah khawatir dengan hal ini.
Peringatan tentang DCC chat

Perintah /dcc chat dapat digunakan untuk membuka koneksi one-to-one yang menghindarkan dari lagi dan tidak akan diputuskan oleh net split. Periksalah dokumentasi client anda untuk petunjuk penggunaan. Pada client-client yang umum, anda dapat menset koneksi DCC chat dengan sekaligus mengetikkan /dcc chat nick_dari_orang_lain. Untuk berbicara melalui koneksi itu, ketik /msg =nick apa saja (perhatikan tanda =). Dalam mIRC, anda dapat juga memulai sesi DCC chat dengan memilih DCC dan kemudian Chat dari menu dan kemudian memasukkan nick dari user yang ingin kita ajak berbicara. Sebuah window akan terbuka untuk sesi dcc chat tersebut.
Untuk informasi lebih jauh tentang hal-hal diatas, juga tentang perintah-perintah lainnya, kunjungi web site . Disana anda dapat menemui banyak file help, seperti :
IRC Primer

FAQ (Frequently Asked Questions) for alt.irc newsgroup

IRC tutorial
Pada web site itu juga anda dapat menemukan informasi lebih advance tentang IRC client secara lebih spesifik, client-client tersebut termasuk :
ircII client and ircII scripts.

Mac clients

mIRC client for Windows
Untuk mencari client lainnya, sumber yang paling komprehensif dapat diambil pada archive FTP Undernet atau archive WWW Undernet. Client-client itu sudah terkelompokkan kedalam grup-grup seperti Windows, Macintosh, DOS, Amiga, Java, dll.
Client mIRC juga mempunyai file help built-in yang baik, ditulis oleh Tjerk Vonck (mirc@dds.nl). Pilih Ircintro.hlp dari Help menu.

9. A word of warning
IRC scripts are sets of commands that your client will run. Many otherwise good scripts have been hacked so that if you load them, you can seriously

compromise your security (someone can get into your account, delete all of your files, read your mail, etc.). There are also evildoers who try to send

people viruses and other bad things. Just like in real life, don't accept anything from a stranger. There have been many incidents of this type, not just a

few. Do not ever run a script unless you know what each line does, not even if it is given to you by a friend, as your friend may not have the expertise

to detect well-hidden "trojans".
Automatic DCC get is a very bad idea! Once it is on, you are susceptible to dangers ranging from disconnection from your server to giving someone

else control of your computer. Quite a few people have run into serious problems because of the DCC autoget setting.
[ Contents ]

Special thanks to FreeSoft, prysm, hershey, turtle, Ariell, and other #irchelp helpers on EFnet for their many helpful suggestions.
Now that you've read this beginner's guide, get on IRC and enjoy! Or if you are interested in learning more, check out the many documents on the #IRChelp home

page.

Share ing jaringan sosial


Similar:

Tugas Teknologi Informasi

Abstrak Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi...

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi

Penerapan media komputer berbasis teknologi informasi dan komunikasi...

Pengaruh motivasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam peningkatan...

Abstrak : Di era globalisasi ini, teknologi informasi telah merambah...

Perilaku belajar dapat ditemukan di sembarang tempat. Cepatnya informasi...

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, proses komunikasi...

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, proses komunikasi...

Sastra


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
s.kabeh-ngerti.com
.. Home